SELAMAT DATANG

Senin, 16 Juli 2012

BULAN RAMADHAN


A.    DEFINISI RAMADHAN
Secara bahasa, ramadhan berasal dari bahasa arab:رَمَضَانٌ yang artinya membakar. Secara istilah, Ramadhan  adalah bulan yang kesembilan dalam dalam  Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Selama bulan ramadhan, pemeluk agama Islam melakukan berbagai aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya al-Quran mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca al-Quran, membayar zakat dan diakhiri dengan shalat ‘idil-fitri. Kekhususan bulan Ramadan ini bagi umat Islam tertera dalam al-Quran pada surat al-Baqarah ayat 185: yang artinya : "bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."

Tentang kata (رَمَضَانْ), ahli tafsir berbeda pendapat, ada yang berpendapat bahwa kata ini  digunakan untuk mengindikasikan adanya sensasi panas saat seseorang kehausan. Pendapat lain mengatakan bahwa kata (رَمَضَانْ) digunakan karena pada bulan itu dosa-dosa dihapuskan oleh perbuatan baik sebagaimana matahari membakar tanah. Namun kata ramadan tidak dapat disamakan artinya dengan ramadan. Ramadhan dalam bahasa arab artinya orang yang sakit mata mau buta. Lebih lanjut lagi hal itu dikiaskan dengan dimanfaatkannya momen Ramadan oleh para penganut Islam yang serius untuk mencairkan, menata ulang dan memperbaharui kekuatan fisik, spiritual dan tingkah lakunya, sebagaimana panas dapat mencairkan benda lain.(وَاللَّهُ أَعْلَمْ).

B.     RAHASIA PUASA RAMADHAN

Sebagai umat Islam, kita tentunya merasa bahagia karena kita masih dipertemukan oleh_Nya dengan bulan Ramadhan karena di bulan Ramadhan ini segala amal sholeh pahalanya dilipat gandakan, segala dosa diampuni, pintu neraka ditutup dan pintu surge dibuka dan masih banyak keutamaan yang Allah berikan di bulan Ramdhan ini.
Selain keutamaan tersebut maka ada beberapa rahasia puasa, sebagaimana yang disebutkan oleh Dr. Yusuf Qardhawi dalam kitab al-‘Ibadah Fil Islam, beliau menjelaskan bahwa ada lima rahasia Puasa Ramadhan, dia antaranya : 

1.   Menguatkan Jiwa
Dalam hidup hidup, tak sedikit kita dapati manusia yang
didominasi oleh hawa nafsunya, lalu manusia itu menuruti
apapun yang menjadi keinginannya meskipun keinginan itu
merupakan sesuatu yang bathil dan mengganggu serta
merugikan orang lain. Karenanya, di dalam Islam ada
perintah untuk memerangi hawa nafsu dalam arti berusaha
untuk bisa mengendalikannya salah satunya yaitu dengan cara berpuasa.
2.   Mendidik Kemauan

Puasa mendidik seseorang untuk memiliki kemauan yang
sungguh-sungguh dalam kebaikan, meskipun untuk
melaksanakan kebaikan itu terhalang oleh berbagai kendala.
Puasa yang baik akan membuat seseorang terus
mempertahankan keinginannya yang baik, meskipun peluang
untuk menyimpang begitu besar.

3.   Menyehatkan Badan

Disamping kesehatan dan kekuatan rohani, puasa yang baik
dan benar juga akan memberikan pengaruh positif berupa
kesehatan jasmani. Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh
Rasulullah Saw, tetapi juga sudah dibuktikan oleh para
dokter atau ahli-ahli kesehatan dunia yang membuat kita
tidak perlu meragukannya lagi.

4.   Mengenal Nilai Kenikmatan
Betapa  banyak kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia, tapi banyak juga manusia yang tidak mensyukurinya. Dapat satu tidak pengin dua, dapat dua pengin tiga dan begitulah seterusnya sehingga manusia tersebut disebut rakus. Nah dengan puasa, manusia bukan hanya disuruh
memperhatikan dan merenungi tentang kenikmatan yang sudah
diperolehnya, tapi juga disuruh merasaakan langsung betapa
besar sebenarnya nikmat yang Allah berikan kepada kita.

5.   Mengingat dan Merasakan Penderitaan Orang Lain

Dengan puasa, kita dapat  merasakan apa yang dirasakan oleh saudara kita yang mana mereka kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Ketika seharian kita tidak makan tentunya kita akan berfikir bagaimana laparnya saudara-saudara kita yang setiap harinya dilanda kekurangan.?
Dari adanya keadaran ini kita diharapkan bias berbagi dengan saudara kita yang dirasa kurang mampu. Inilah sebagian rahasia puasa Ramadhan…

2 komentar:

sip deh postingan nya :D
done follow blog anda :)

tanks' kesediaan anda tuk follow me............
jadilah shabat sejati.......

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites