SELAMAT DATANG

Senin, 11 Februari 2013

Lailatul-Qodar

Lailatulqodar adalah malam mulia penuh berkah, suatu malam yang diberikan hanya kepada umat Nabi Muhammad dan tidak diberikan kepada umat-umat nabi yang lain. 
Malam itu  lebih baik daripada seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. 

Menurut Quraisy shihab bahwa kata al-qodar memiliki tiga arti yakni :
  1. Penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.
  2. Kemuliaan. Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.
  3. Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr.
Didalam al-Quran surat al-qodar dan ad-dukhon dijelaskan tentang kemuliaan malam ini. Dan beberapa hadits Nabi yang mendukun, di antaranya :
a.       Sabda Nabi : “carilah lailatulqodar pada malam-malam ganjil disepuluh terakhir ramadhan”.. (Hr.Muslim).
b.      Hadits ‘Aisyah R.a, “bahwa Rasulullah ketika memasuki tanggal sepuluh akhir di bulan ramadhan maka beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya (Hr. Bukhori Muslim).
c.       Hadits Abu Hurairah, Rasulullah S.A.W bersabda yang artinya “Siapa yang menghidupkan malam lailatul qadar penuh keimanan dan keikhlasan akan diampun baginya dosa yang telah lal”..
Subhanallah betapa mulianya malam ini......
Sejak masa Rasulullah sampai sekarang bahkan sampai hari kiamatpun waktu turunnya lailatilqodar tetap dirahasiakan oleh Allah subhanahu wata’ala... hal ini adalah sebagai salah satu mutifasi tersendiri bagi umat Islam yang ingin menggapai kemuliaan malam tersebut. Seandainya Allah memastikan dan memberi tahukan pada kita waktu turunnya secara pasti maka hawatir kita akan melalaikan ibadah di malam-malam yang lainnya.....
Oleh karena itu marilah kita tetap semangat untuk senantiasa beribadah kepada_Nya baik di malam-malam biasa lebih-lebih di malam lailatul-qodar... semoga kita termasuk oramg yang mendapatka Ridha_Nya.    Amieeeennnn...........


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites